Tiga Cara Mencuci Baju Agar Awet


SablonKebumen.com | Tips - Pertanyaan simpel tetapi menarik untuk disimak, datang dari pengunjung blog, yaitu apakah ada perbedaan saat mencuci baju sablon dengan baju pada umumnya? Baiklah, begini penjelasannya, perawatan baju yang baik salah satunya adalah dengan memperhatikan cara mencuci agar awet. Ada tiga cara mencuci baju agar awet, diantaranya :

Menggunakan Mesin Cuci
Mencuci pakaian dengan mesin cuci memang lebih mudah dan simpel karena memang semuanya menggunakan kecanggihan mesin. Cara mencuci dengan tangan berbeda tentunya dengan proses pengerjaan oleh mesin.
Pertama lebih baik jangan gunakan mesin cuci jika pakaian mudah luntur. Kedua pakai deterjen yang tidak terlalu kuat jika mencuci dengan mesin agar tidak membuat rusak tekstur kain.


Baca Juga : http://www.sablonkebumen.com/2016/01/kupas-tuntas-buku-bukuan-spa-brootall.html

Menggunakan Tangan
Pakaian yang baru janganlah disatukan dengan pakaian lainnya. Agar tidak terjadi hal yang buruk dimana pakaian baru akan luntur dan tercampur dengan warna lain, akhirny baju yang baru tersebut tidak bisa digunakan karena warna yang mencolok saat dipakai dan memberikan penampilan yang buruk.
Pisahkanlah setiap pakaian yang ada berdasarkan tingkat kekotorannya. Baju yang digunakan untuk berkegiatan diluar ruangan seperti berolahraga, terkena lumpur dan debu. Rendam lebih lama dari baju lainnya, kemudian sikat secara perlahan dengan menggunakan sikat yang halus agar tekstur dan serat kain tidak rusak.
Sedangkan pada baju yang tidak terlalu kotor tidak usah direndam terlalu lama, coba rendam sebentar kemudian gosok bagian yang sering terkena keringat dan kotoran seperti bagian kerah leher, lengan tangan, dan ketiak.

Menggunakan Perendaman Tanpa Mencuci
Pada beberapa bahan yang sangat rentan jika dicuci menggunakan mesin ataupun tangan maka lebih baik jangan menggunakan kedua cara tersebut. Lebih baik rendam saja baju tersebut beberapa saat, kemudian kucek – kucek atau gosok sedikit baju agar kotoran keluar dan deterjen meresap. Setelah direndam beberapa saat, kemudian peras berkali – kali dan gunakan pembersih serta pewangi pakaian. Setelah selesai maka jemur pakaian di bawah terik matahari, tetapi perlu diingat jangan terlalu lama menjemur karena bisa membuat warna luntur. 

Lalu manakah diantara opsi diatas yang tepat untuk menjawab pertanyaan tadi?? Cara mencuci kaos sablon yang baik tentunya tidak menggunakan mesin cuci, rendamlah kaos tetapi jangan terlalu lama, hindari pula menggunakan sikat, dan terakhir nih yang penting, jangan dipakai untuk tidur :D terutama jika kaos tersebut merupakan kaos kesayangan temen-temen :D




Baca Juga : http://www.sablonkebumen.com/2016/01/informasi-tempat-kursus-sablon-manual.html