Mengenal lebih dekat dengan istilah jahit rantai

SablonKebumen.com - Apasih istimewa nya jahitan rantai itu? kok sampai diwajibkan memiliki jahit rantai untuk kaos kaos standar distro? Begini sob penjelasannya, kita kenalan dulu yok, biar nantinya sayang :v, kan kalo gak kenal jadi gak sayang... hehe. Next, skip skip skip... Jenis jahitan rantai pertama kali diperkenalkan oleh orang china (sekarang tiongkok) dalam tekhnik pembuatan kesenian bordir. Teknik jahit rantai ini ditemukan pada hiasan makam kerajaan dalam bentuk sebuah bordiran beralaskan kain sutra. Teknik ini juga ditemukan pada zaman peperangan antar negara. Seiring berjalannya waktu teknik jahit rantai ini terus berkembang dan dikenal luas hingga mencapai negara Iran melalui perdagangan sutra. Jadi, jahitan rantai ini sudah tuwek, lebih tuwek daripada sobat gesuter kayaknya nih, :p
Proses pembuatan kaos terdiri dari beberapa jenis jahitan yang sering digunakan dan menjadi standar mutu dari kaos tersebut, diantaranya Jahit Obras, Jahit Rantai, dan Jahit Overdeck. Dilihat dari namanya, jahit rantai menghasilkan pola jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri, pundak kanan, dan belakang leher. Untuk menjahit rantai, digunakan mesin jahit doubleh stiches atau jarum ganda.



Jahit rantai pada kaos sangat berguna untuk menjaga kualitas dan keawetan kaos. Jika menggunakan jahitan yang sembarangan, kaos dapat dengan mudah mengalami kerusakan semisal jahitan yang lepas karena tidak kuat ataupun kaos yang bolong karena jahitan yang terlepas. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi jika jahit rantai pada kaos ini tidak dilakukan dengan baik adalah terpisahnya potongan kaos dari bagian depan, belakang dan kerah leher. Jika kita ingin membuat kaos polos sendiri dalam skala besar untuk usaha misalnya, hal yang tidak boleh lupa kita tanyakan kepada penjahit adalah jenis jahitan yang akan di gunakan saat pengerjaan kaos tersebut. 

Baca juga : Jenis dan bahan kaos

Seiring berkembangnya zaman dan teknik menjahit kain, teknik jahit rantai ini pun digunakan tidak hanya untuk kesenian bordir pada kain sutera tetapi juga dijadikan sebagai teknik jahit pada kaos polos yang sehari-harinya kita kenakan. Sebenarnya, jahitan ini merupakan salah satu teknik jaitan yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan kaos, tetapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik. Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut“bis,” berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

[ STOP PLAGIAT, IJIN BOLEH ]