Jenis Tinta Sablon Kaos

SablonKebumen.com - Tinta sablon dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu tinta sablon tinta oilbase / solvenbase dan tinta sablon waterbase. Tinta sablon oilbase sering disebut dengan istilah plastisol. Sedangkan tinta waterbase diperuntukan untuk tinta rubber. Berikut saya jabarkan penjelasan lengkapnya...
JENIS TINTA SABLON PLASTISOL:
TINTA SABLON ALL PURPOSETinta sablon all purpose bentuknya transparan, memiliki sifat seperti extender pada sablon  waterbase. Tinta sablon ini sebaiknya digunakan pada kain berwarna putih atau terang saja.

TINTA SABLON HIGH OPACITY
Tinta sablon high opacity mempunyai sifat seperti rubber dalam sablon waterbase, tinta sablon ini memiliki daya tutup yang lebih baik pada permukaan bahan jika dibandingkan dengan tinta sablon rubber. Tinta ini sangat direklomendasikan untuk teknik high density.

TINTA SABLON ATHLETIC PLASTISOL Tinta sablon ini sifatnya lentur sehingga sangat bagus untuk penyablonan diatas kain 
spandex, polymesh atau kain dengan motif lubang.


JENIS TINTA SABLON WATERBASE ATAU AIR:

TINTA SABLON RUBBER

Tinta sablon rubber bagus untuk digunakan diatas kain yang berwarna gelap, sebab tinta sablon ini sifatnya pekat. Tinta sablon ini sering digunakan untuk warna dasar sebelum ditimpa dengan warna lain.
TINTA SABLON TRANSPARAN
Tinta sablon tranparan disebut juga tinta sablon coating, karena tinta ini fungsinya melapisi hasil sablon sehingga sablon yang dihasilkan lebih cemerlang dan mengkilap.
TINTA SABLON EXTENDER:
Tinta sablon extender bersifat transparan, cocok untuk penggunaan diatas bahan putih atau terang, karena sifatnya yang menyatu/menyerap pada bahan.


TINTA SABLON SUPER WHITE

Tinta sablon super white sudah pernah saya bahas disini secara lengkap, hampir sama dengan tinta sablon rubber, ada dua jenis yaitu white dan color. Kelemahan dari tinta sablon superwhite adalah tidak dapat menutup dengan rapat permukaan bahan meskipun telah dilakukan penyablonan berulang - ulang.
TINTA SABLON FOAMING
Tinta sablon ini bisa dicampurkan pada kedua jenis tinta sablon baik waterbase maupun plastisol. Tinta sablon ini memberikan efek timbul setelah dilakukan proses pemanasan.