Apa itu teknik sablon discharge?

SablonKebumen.com - Teknik sablon discharge adalah sebuah metode penyablonan manual dengan tujuan menghilangkan warna dasar/warna kain dan memasukan warna baru dengan jenis tinta sablon kaos tertentu. Disini semua warna kaos bisa dilakukan proses discharge, akan tetapi warna gelap lebih recommended karena hasilnya terlihat lebih jelas. 
Teknik sablon discharge bertujuan untuk mendapatkan warna sesuai keinginan pada kaos warna gelap tanpa menggunakan underbase atau tinta sablon. Disamping itu teknik cabut warna ini mampu menghasilkan hasil sablonan yang soft dan nyaman dipakai, dikarenakan hasil sablon terlihat menyatu dengan kaos. 

Akan tetapi ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknik discharge, yaitu tidak semua bahan kaos bisa di sablon dengan tekhnik ini, penting untuk anda pahami sebelum memulai  variasi sablon manual yang satu ini. Pada dasarnya bahan yang bisa di sablon kaos discharge adalah jenis bahan kaos cotton combed 100%. Tetapi tidak semua jenis kain tersebut bisa dipakai, hal ini dikarenakan pada kain tersebut walaupun sudah cotton 100% dye-nya atau jenis pewarna kaosnya tidak dischargeable atau dengan kata lain tidak dapat diproses cabut warna. 
Baca Juga : Inilah kelebihan dan kekurangan film / klise pada sablon manual


salah satu hasil discharge
Jadi untuk mengantisipasi salah beli bahan kaos, sebaiknya temen-temen konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual bahan kaos, bahwa kain yang dibeli ini akan digunakan untuk sablon kaos discharge atau cabut warna. Jenis bahan kain ini adalah jenis kain cotton yang reactive dimana saat proses pencelupan kain ini menggunakan celupan reactive.
Baca Juga : Daftar tempat kursus sablon manual di berbagai tempat, wajib baca nih buat pemula

Lalu bagaimana proses penyablonan teknik cabut warna ini? Apakah sama seperti teknik teknik lainnya? Secara umum, prosesnya bisa dikatakan hampir sama, perbedaannya yaitu tidak perlu menunggu kering untuk melakukan proses pengeringan pada mesin press, keringkan dalam keadaan hasil sablonan masih agak basah, dan voalaaa... tercium aroma seperti jengkol :D ga percaya? silahkan dicoba...

[ IJIN BOLEH, PLAGIAT JANGAN ]