JENIS DAN BAHAN KAOS

Sablonkebumen.com akan menjelaskan beberapa jenis dan bahan kaos yang umumnya digunakan oleh gesuter untuk membuat kaos, cekidot ya...

1. KATUN (combed 20s, 24s, 30s) 
Terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Karakteristik katun yaitu memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Negara kita. Kain katun memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih. Cocok untuk anda yang memiliki target distro karena memang kualitasnya tidak diragukan lagi. Beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran, yaitu combed 20s, 24s, 30s. perbedaannya hanya terletak ketebalan kain. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. 

 2. CARDET (20s, 30s)
Kain cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Istilah kasarnya, cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. Harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan ini sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya kaos oblong olahraga, kaos pabrik, seragam buruh, dan lain lain.
Baca Juga : simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangan film sablon
 3. POLYESTER dan PE
Sesuai dengan namanya, polyester merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga sangat panas ketika dipakai.

 4. TC (TETERON COTTON) 
Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.


5. VISCOSE
Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

6.
 CVC ( COTTON VISCOSE) 
Jenis bahan kaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.
Baca juga : mengenal perbedaan sablon manual
7. HYGET
Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos
 dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai





Jadi untuk memulai bisnis sablon kaos anda, sesuaikan dulu targetnya, apakah untuk distro, untuk kaos kampanye, kaos untuk olahraga. Karena masing masing segmen tentunya memiliki kebutuhan spek yang berbeda beda.

Salam gesuter!!!