Mengenal lebih jauh jenis sablon plastisol

SablonKebumen.com - Sablon plastisol banyak digemari para pebisnis clothing akhir akhir ini, karena hasilnya yang bagus, awet dari segi ketahanan dan kualitas sablonnya. Detail sablon plastisol juga tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan sablon rubber, meskipun sama sama menggunakan tinta, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, terutama pada hasil, proses, serta jenis tinta yang digunakan. Memang, jika dilihat dari sisi biaya, sablon plastisol lebih banyak mengeluarkan budget karena harga tinta yang jauh diatas tinta rubber, selain itu kedua jenis sablon ini memiliki alat sablon yang berbeda pula. Oleh karena itu, tidak sedikit para gesuter yang baru menjalankan bisnis ini, hanya terpaku pada satu jenis sablon, biasanya sablon rubber.

Perbandingan secara umum antara sablon rubber dan sablon plastisol adalah :
  1. Sablon rubber adalah jenis sablon waterbase sedangkan sablon plastisol merupakan oil based, Oleh karena itu sablon plastisol sangat awet, berbeda dengan sablon rubber yang dalam hitungan bulan tampak retak pada hasil sablonnya.
  2. Kualitas sablon jauh lebih bagus plastisol. 
  3. Plastisol merupakan standar sablon clothing negara barat. 
  4. Plastisol akan meleleh bila di setrika langsung pada permukaannya, meskipun sablon rubber juga rusak bila di setrika, akan tetapi lebih parah plastisol
  5. Harga sablon plastisol lebih mahal dibandingkan sablon rubber, dari segi tinta dan harga kaos jadi.
  6. Sablon rubber tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengeringkan hasil sablonnya, sedangkan tinta sablon plastisol sangat susah untuk kering, bahkan satu bulan pun dalam keadaan tinta terbuka/tercecer tidak akan kering. Oleh karena itu, sablon plastisol wajib memiliki mesin curing yang tentunya memerlukan daya yang besar. 
Jadi, dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan oleh hasil sablon plastisol, apakah temen temen berminat untuk mengembangkan dan terjun menggunakan tinta berbahan oil base ini? Jika target anda memang mengehar kualitas nomer wahid, saya rasa wajib punya.... :D